Rabu, 09 Januari 2013

IBM Worklight Tutorial - `Buat mobile apps lo semudah-mudahnya`

Nah ini tutorial pertama w dengan Bahasa Indonesia tentang IBM Worklight. kenapa w ngulas IBM Worklight?. karena dengan worklight framework itu, u bisa `build` aplikasi mobile dalam sekali klik. nah lalu perbedaannya apa dengan bahasa platform yang lain? perbedaannya u bisa buat environment dari platform-platform yang sudah tersedia seperti IPhone apps, Android apps,Windows Phone apps dan lain-lain dengan sekali klik. bagi lo yang udah tau `PhoneGap`, pasti lo udah ngga asing dengan framework ini gan. karena IBM Worklight mengadaptasi library dari PhoneGap, Sencha, Dojo, JQM, dan lain-lain gan. dan menurut w itu keren men.. jadi pokoknya IBM Worklight adalah framework yang mempermudah u dalam mendevelop aplikasi berbasis mobile.

IBM Worklight ini menggunakan bahasa HTML 5, Javascript untuk logika programnya dan CSS untuk Interface-nya gan. kalau lo udah nguasain atau ngga udah ngerti dikit-dikit tentang Web programming, ini akan menjadi hal yang menarik gan. karena lo bisa buat mobile apps yang tampilannya lo ngga usah khawatir mengenai kualitas dan constraint-nya gan.

Gimana? Penasaran gak?
hehe

Nah sekarang w mau ngasih tau lo gimana cara ngebuat aplikasi sederhana dengan IBM Worklight ini. Cekidot gan
  1.  Pertama lo download Eclipse. w saranin lo download ECLIPSE JUNO. karena JUNO lebih disarankan oleh IBM untuk diinstall dengan Worklight ini gan.(Picture 1).
  2. Kedua, lo tentuin `path` dari eclipse  workspace-nya.(Picture 2).
  3. Ketiga, lo harus install IBM library-nya didalam IDE Eclipse-nya. dengan cara klik 'Help -> Install new software ->Add'.Abis itu lo copast link di bawah. nih gan link-nya `http://public.dhe.ibm.com/ibmdl/export/pub/software/mobile-solutions/worklight/wdeupdate/ `(Picture 3).
  4. Setelah lo install. nah lo tinggal install Android SDK untuk ujicoba langsung dari SDK Andro-nya gan. caranya sama kaya lo install Worklight libs tinggal copast aja link ini gan 'https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/'.
  5. nah abis itu, lo udah siap untuk buat aplikasi pertama lo dengan cara klik tab 'File -> new -> Worklight Project'.(Picture 4)
  6. Lanjut, lo input `Application Name`. kalau lo ngga punya jquery mobile, sencha, atau dojo toolkit, mending lo uncheck list-nya abis itu klik finish(Picture 5 & a href="#img6">Picture 6
).
  • Sip lo udah bisa buat mobile apps pakai IBM Worklight. Tinggal lo buka path pada Project Explorer lo di sebelah kiri workspace lo. abis itu explore '#nama_project_apps_lo -> apps -> #nama_project_apps_lo -> common -> #nama_project_apps_lo.html '(Picture 7).

  • Selamat mencoba gan. semoga tutor ini membantu. ;)

    oh iya nih gan contoh aplikasi yang w udah buat gan. -> (Picture 8)
    hanya butuh waktu kurang dari 40 menit gan untuk buat interface-nya ;)

    PICTURE :
    Picture 1. Download eclipse juno
    Picture 2. Workspace path


    Picture 3. Add Repository
    Picture 4. Buat worklight project
    Picture 5.  Hybrid application

    Picture 6. Application name
    Picture 7.  Application path
    Picture 8. Result Worklight Program

    1 komentar:

    1. Permisi Mba,, maaf saya mau bertanya. Saya mencoba untuk install Worklight ver-6, namun saat proses install di Eclipse dia gak bisa duluan diinstal sebelum ADT Android?? Meskipun ADT diinstal duluankemudian berhasil instal plugin IBM Worklight, nah ADT Android dan Worklight jadi tidak muncul di eclipse, itu kenapa ya?? Saya sudah coba setting perspective via menu Windows->Coustumize Perspective, tapi tetap tidak terdapat plugin ADT dan Workligth, SDKnya pun hilang,, saya sudah mencobanya beberapa kali..

      BalasHapus